STURKTUR SOSIAL



STURTUR SOSIAL

Pengertian struktur sosial menurut para ahli :
1. Abdul Syani
Struktur sosial sebagai sebuah tantangan sosial dalam kehidupan masyarakat.
Struktur sosial adalah perilaku sosial elementer dalam hubungan sosial sehari – hari ( bagian – bagian )
3. Talcot Parson ( paling sering di pakai dalam sosiologi )
Struktur sosial merujuk pada saling keterkaitan antara instansi.
4. Raip Lintan
Menambahkan bahwa struktur sosial terdiri dari 2 konsep , yaitu :
A. status dan kedudukan
1. Ascirbd status / status yang di berikan kepada individu tanpa memandang kemampuan / pembedaan antara individu yang di bawa sejak lahir. Contohnya status anak, jstatus sebagai laki – laki atau perempuan
2. Achieved status / status yang memerlukan kualitas tertentu yang harus di raih memalui persaingan atau usaha pribadi. Contohnya presiden, guru, beasiswa, perkawinan, dan lain – lain.
3. Ascigned status / status yang di peroleh melalui penghargaan atau pemberi dri pihak lain atas jasa – jasa tertentu. Contohnya pahlawan, atlit, pemenang – pemenang kaipataru.
B. konflik status
       Hal yang biasanya bertentangan dalam kehidupan seseorang yang berkaitan   dengan status yang di milikinya di sebut dengan konflik status.
      1. konflik status individu
Di rasakan oleh orang yang bersangkutan dalam batinnya sendri. Contohnya : ketika seorang wanita harus memilih ingin menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir, sedangkan suaminya menyuruh menjadi ibu rumah tangga.
      2. konflik status antara kelompok
Terjadi antara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Contohnya : peraturan yang di keluarkan oleh suatu instansi seting bertentangan dengan peraturan instansi lain.
      3. konflik status antara individu
Terjadi antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Contohnya seorang istri bertengkar dengan seorang suaminya mengenai pengurusan anak.
Previous
This Is The Oldest Page

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About