Bahaya Radiasi Ponsel Yang Mengancam Kesehatan


Banyaknya ponsel dengan berbagai merk dan dengan bermacam harga yang ditawarkan dari yang mahal sampai yang paling murah ternyata tidak menjamin para penggunanya terbebas dari bahaya radiasi ponsel yang dihasilkan. 

Walau masih dalam perdebatan, tapi tak ada salahnya jika kita lebih bijaksana saat menggunakan ponsel untuk menghindari bahaya radiasinya.

Kali ini saya akan sedikit membahas seputar bahaya radiasi ponsel yang mengancam kesehatan .

PENGERTIAN RADIASI
Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi
MENGAPA RADIASI PONSEL BISA TERJADI ?
Pada ponsel terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antena dan berfluktuasi melalui udara.
Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik



BAHAYA YANG DAPAT DIAKIBATKAN RADIASI PONSEL
1. Kanker Otak
Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Penelitian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat, menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia. Mereka menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel.

2. Mempengaruhi Produksi Sperma
Apabila anda sering menaruh handphone di saku celana, maka berhati-hatilah karena handphone yang diletakkan di saku celana ternyata dapat beresiko mengurangi dan menurunkan kualitas sperma.

3. Gangguan Perkembangan Dalam Peningkatan Aktivitas Motorik Anak-anak 
Radiasi pada ponsel dalam jangka tertentu dapat menyebabkan bayi yang lahir mengalami dampak negatif pada otaknya dan kemungkinan besar terkena risiko ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). ADHD merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitasnya cenderung berlebihan. 

TIPS MENGURANGI RADIASI PONSEL
1. Gunakan Alat Bantu Ponsel Agar Tidak Terhubung Langsung
Gunakan aksesoris  berupa handsfree, headset, earphone atau speakerphone saat bicara dengan handphone agar menjauhkan radiasi dari otak yang berdekatan dengan telinga kita. dan juga Aktifkan speaker  karena dengan  menggunakan speaker saat berbicara akan mengurangi energi atau tingkat kekuatan dari radiasi ponsel yang dihasilkan.

2. Jauhkan Ponsel Saat Tidur
Jauhkan handphone yang aktif dari tempat tidur untuk menghindari paparan radiasi terus-menerus.

3.  Beli Ponsel yang Low Radiation
Beli hape yang memiliki RF Specific Absorption Rate atau SAR rendah di bawah 1,6 watt/kg agar radiasi yang dihasilkan tidak terlalu besar.

4. Hindari Kontak Langsung dengan Tubuh
Hindari menaruh ponsel di tempat yang tetap di dekat tubuh kita dalam jangka waktu yang lama.
Jika anda sering meletakkan ponsel di kantong celana maka sering seringlah di pindah. Ada sebuah penelitian yang menerangkan bahwa radiasi ponsel dapat membunuh sel sperma.

5. Pilih Offline Mode
Biasakan untuk mematikan ponsel saat tidak digunakan. Jika anda tidak ingin mematikan ponsel maka anda bisa mengubah pengaturan ponsel ke mode offline, stand alone, atau flight mode, yang akan mematikan transmitter-nya .

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About