HAK ASASI MANUSIA DI DUNIA



Hak Asasi Manusia


  1. Hak Asasi Manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan.
  2. kesadaran masyarakat internasional untuk memperjuangkan HAM muncul setelah perang dunia ke 2
  3. Perumusan HAM dalam sebuah naskah Internasional di awali dengan  UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHT  atau pernyataann sedunia tentang hak – hak asasi manusia oleh Negara – Negara anggota perserikatan bangsa – bangsa (PBB)
  4. DEKLARASI UNIVERSAL HAK ASASI MANUSIA (DUHAM) berisi tiga puluh pasal di sahkan oleh PBB di paris, Prancis.
  5. Cita- cita dan harapan tersubut terdiri atas hak hidup, hak memeluk agama, hak berserikat, hak berpendapat, hak untuk bebas dari rasa takut, dan hak untuk dapat penghidupan yang layak.
  1. Konsep HAM yang tercantum dalam UDHR sebenarnya merupakan pengembangan ajaran FRANKLIN D.ROOSEVELT, yaitu THE FOUR FREEDOM yang terdiri atas kebebasan mengeluarkan pendapat dan berkarya ( FREEDOM OF SPEECH AND EXSPRESSION ),kebebasan beragama ( FREEDOM OF RELIGIUS ), kebebasan dar rasa takut ( FREEDOM  FROM FEAR), dan kebebasan dari kemiskinan ( FREEDOM  FROM WANT ).
  2. HAK ASASI MANUSIA memiliki dimensi UNIVERSAL, artinya HAM harus dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia didunia.
  3. HAM memiliki nilai UNIVERSAL karena HAM mencangkup kebutuhan manusia yang pada dasarnya sama.
  4. Konsep HAM di Indonesia banyak terpengaruh oleh konstitusi PRANCIS.
  5. Konstitusi Prancis di kenal dengan nama DECLARATION DES DROILT DE I’HOMME ET DU CITOYEN atau Hak Asasi Manusia dan Warga Negara. Konstitusi tersebut menetapkan hak individu dan hak kolektif manusia.
  6. Pengaruh konstitusi Prancis terhadap Indonesia dapat di nikamati dari pasal – pasal dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hak – hak asasi yang terdapat dalam pembukaan dan pasal – pasal Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyerupai hak – hak yang di atur dalam konstitusi Prancis.




You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About