HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA



HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA
Hak Asasi manusia di Indonesia di atur dalam undang – undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan undang – undang No 39 than 1999 tentang hak asasi manusia. Berdasarkan ketentuan pasal 1 undang – undang nomer  39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia , hak asasi manusia merupakan seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib di hormati, di junjung tinggi,dan dilindungi, oleh Negara, hokum, pemerintah, dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Ketentuan huruf  b Undang – Undang Nomer 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia di jelaskan bahwa  hak untuk hidup, hak untuk tidak di siksa, hak kebebasan pribadi, pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak di perbudak, hak untuk di akui sebagai pribadi dan persamaan di hadapan hokum, dan hak untuk tidak di tuntut atas dasar hokum yang berlaku surut adalah hak – hak manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun dan oleh siapapun.
Hak asasi manusia di Indonesia secara garis besar tercantum dalam pasal 4 Undang – undang Nomer 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia yang merupakan penjabaran dari pasal 28i UUD 1945.
Sifat hak asasi manusia sebagai berikut :

  1.   Universal atau menyeluruh, artinya hak asasi manuisa berlaku bagi semua orang tanpa terkecuali. 
  2.     Utuh, artinya hak asasi manusia tidak dapat  di bagi menjadi lebih kecil atau lebih besar karena setiap manusia berhak atas seluruh haknya secara utuh.
  3.     Hakiki, artinya hak asasi manusia melekat pada setiap manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa. Hak asasi manusia dimiliki manusia sejak lahir sebagai hak dasar atau hak pokok atas karunia Tuhan yg Maha Esa.
  4.  Permanen atau kekal, artinya hak asasi manusia yang melekat pada diri manusia tidak dapat di pindahkan atau di cabut oleh kekuatan laut.

Jaminan Negara Indonesia terhadap hak asasi warga Negara di tuangkan dalam pasal 28 A – 28 J Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About