Teori – Teori Pertumbuhan Ekonomi



Teori – teori pertumbuhan ekonomi 

Teori pertumbuhan ekonomi sangat penting untuk menjawab masalah – masalah pertumbuhan ekonomi dan upaya untuk memperbaiki perekonomian.
1.       Teori Klasik
Ada dua tokoh yang berpengaruh dalam aliran klasik yang muncul sekitar masa revolusi industry.
a.       Adam Smith
Adam Smith atau yang di kenal dengan bapak ekonomi  yang melahirkan pemikiran – pemikiran mendasar melalui bukunya yang berjudul  AN INQUIRY INTO THE NATURE AND CAUSE WEALTH OF NATION (1776). Buku ini menganalisis cara perekonomian mengalami pertumbuhan ada dua factor yang di sebutkan oleh Adam Smith, yaintu pertumbuhan output total pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan output di tentukan oleh tiga variable yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan stok capital yang sementara itu pertumbuhan penduduk akan menentukan luasnya pasar dan menentukan cepat lambatnya pertumbuhan ekonomi.
b.      David Ricardo
Hamper sama dengan Adam Smith, Davit Ricardo juga mengemukakan konsep mekanisme pertumbuhan ekonomi. Menurutnya , karena terbatasnya tanah maka pertumbuhan penduduk ( tenaga kerja ) justru akan menurunkan produk marginal . hal tersebut di kenal dengan the low of diminishing returns. Perlu akumulasi modal dan kemajuan teknologi untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja sehingga dapat menghambat bekerjanya the low diminishing returns.
2.       Teori Neoklasik
Teori Neoklasik berkembang dengan landasan analisis dari Teori Klasik
a.       Joseph  A.Schumpeter
Teori Joseph A.Schunmpeter tertuang dalam bukunya yang berjudul The Theory od Economic Devlopment. Buku ini mengupas tentang  peranan pengusaha dalam pembangunan. Proses pertumbuhan ekonomi menurut Schumpeter adalah proses inovasi yang di laksanankan oleh para innovator dan wira usaha ( Entre Preneur ).
b.      Robert Solow
Robert Solow mengemukakan bahwa pertumbuhan – pertumbuhan ekonomi tergantung pada penambahan penyediaan factor – factor produksi dan tingkat kemajuaan teknologi.
3.       Teori Neokeynes
Tokoh dalam teory ini adalah Roy.F.Harrad dan Evsey D.Domor yang mencoba meperluas teory Jhon Mayanrd Kaynes. Harrod dan Damor menyebutkan adanya pengeruh investasi pada permintaan agregat dan pertumbuhan kapasitas produksi yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penanaman modal menjadi sangat penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi.
4.       Teori W.W.Rostow
Wait Whit Man Rostow mengurangi proses pembangunan dalam sebuah masyarakat dalam buku The stage of Ekonomic Growth,A Non Comonist Manifesto. Menurutnya proses pembangunan ekonomi adalah suatu masyarakat bergantung melalui tahap – tahap berikut :
a.       Masyarakat tradisional
b.      Prkondisi untuk lepas landas
c.       Lepas landas
d.      Menuju kedewasaan
e.      Era konsomsi tinggi
5.       Teori Kari Bucher
Bucher membagi pembangunan ekonomi menjadi melalui empat tahapan sebagai berikut :
a.       Produk untuk kebutuhan sendiri ( rumah tangga tertutup )
b.      Perekonomian sebagai perluasan perkumpulan produk di pasar ( rumah tangga kota )
c.       Perekonomian nasional, peran – peran perdagangan semakin penting ( rumah tangga Negara )
d.      Kegiatan perdagangan telah meluas melintasi batas Negara ( rumah tangga dunia ).

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About