Persamaan Dasar Akutansi







A. Pengertian
      Persamaan Akutansi adalah suatu pencatatan transaksi keuangan yang  menunjukkan jumlah harta suatu perusahaan yang sama ( seimbang ) dengan penjumlahan utang dan modal.

B. Konsep Persamaan Dasar Akutansi
      Pencatatan persamaan akutansi menggunakan prinsip kesimbangan antara aktiva dan pasiva. Pada persamaan akutansi salah satu sisi mencatat aktiva ( harta) dan sisi lain mencatat pasiva ( utang dan modal ).
 ***akitiva ( harta ) = pasiva ( utang dan modal )
                    Harta = Utang + Modal
                    Utang = Harta - Modal
                    Modal = Harta - Utang
C. Pengelompokan Akun dalam Akutansi
1. Akun Riil
Akun Ril merupakan akun yang tercatat pada nraca saldo akun terbawa dari satu periode pada periode berikutnya. Akun Ril dikelompokan menjadi tiga , yaitu Akun Harta , Akun Utang, dan Akun Modal.
a. Akun Harta 
Harta merupakan sumber daya suatu perusahaan yang hartanya bermanfaat pada waktu sekarang dan waktu mendatang . Harta merupakan jumlah kekayaan perusahaan . Harta terdiri atas beberapa jenis sebagai berikut :
** Harta tetap, merupakan berwujud yang di gunakan dalam operasional perusahaan dan memiliki nilai ekonomi lebih dari 1 tahun.
** Harta Lanca , merupakan harta yang memiliki nilai ekonomi ( perputaran tinggi ) kurang dari satu tahun atau uang kas atau bank dan harta yang sangat mudah dijadikan uang. contoh harta lancar sebagai berikut :
1. kas, yaitu catatan mengenai pengaruh transaksi terhadap kas. seperti : saldo rekining bank mata uang kertas, matang uang logam dan cek.
2. perlengkapan yaitu barang atau bahan perlengkapan aktivitas perusahaan yang biasanya berumur kurang dari 1 tahun dan pemakaiannya dapat habis. seperti : balpoin,kertas, dan tinta.
3.Piutang yaitu penjualan barang dagang atau jasa yang masih belum di bayarkan oleh pihak lain. contohnya : yagihan atas penjualan . tagihan kepada karyawan atas pinjaman ke perusahaan.
4. beban di bayar di muka, yaitu bentuk aktiva prabayar yang akan memberikan manfaat atau keuntungankepada masa datang. contohnya sewa dibayar dimuka dan asuransi di bayar dimuka.
**Harta Tindak Berwujud , merupakan harta yang tidak dapat dilihat tetapi memiliki nilai ekonomis, contohnya: hak paten, hak cipta, franschise, good wiil ( nama baik ) , dan hak merek.
** investasi jangka panjang , merupakan harta yang di investasikan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun.
b. Akun Utang
Utang usaha adalah kewajiban perusahaan pada pihak lain yang timbul akibat transaksi pada masa lalu . untuk melakukan sesuatu umumnya adalah pembayaran uang dan penyerahan barang dan jasa.
** Utang jangka pendek , yaitu utang yang dibayarkan perusahaan dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun
**Utang jangka panjang
** Utang Lain - lain.
D. Pencatatan Transaksi Pada Persamaan Akutansi
1. Transaksi merupakan peristiwa atau situasi yang memengaruhi posisi keungan kegiatan pencatatan ekonomi yang berhubungan dengan keungan perusahaan.
2.Macam - macam Transaksi
a.menurut penyebab perubahan modal
**Transaksi Usaha, yaitu Transaksi yang berhubungan dengan kegiatan operasional atau uasaha perusahaan, ,isalnya membayar gaji karyawan, asuransi, iklan, ALT, dan pendapatan.
b.Transaksi Menurut Kegiatan
 **Transaksi Intren, yaitu tansaksi yang dilakukan dalam perusahaan. contohnya : penggunaan perlengkapan dan penyusutan.
** Transaksi Ekstren, Yaitu transaksi yang dilakukan dengan pihak - pihak di luar perusahaan.





    

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About