Bahasa Pemrogramman





Apa itu pemrogramman ?, Pemrogramman merupakan proses menulis, menguji , memelihara dan memperbaiki ( debug ) kode yang membangun suatu program komputer. Tujuan dari pemrogramman adalah membuat atau menciptakan sebuah sistem yang dapat terhubung yang di dalamnya terdapat kode-kode yang ditulis oleh seorang pembuat program yang bisanya disebut dengan programmer. Progremmer sendiri adalah orang yang membuat atau menuliskan kode-kode untuk membuat sebuah sistem atau program, ada juga orang yang menyebutkan pemrogramman adalah seni yang diciptakan untuk sesuatu hal yang bermanfaat, misalnya dengan membuat sebuah sistem pekerjaan orang lain dapat dikerjakan dengan mudah menggunkan sistem tersebut.
Program dibuat menggunakkan Bahasa pemrograman, Apa itu Bahasa pemrograman?, Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemprogrman  memiliki suatu himpunan yang terdiri dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer dan bisanya memiliki banyak baris kode untuk menghasilkan sebuah program.
Pada saat ini sudah banyak jenis-jenis Bahasa pemrograman, dari yang paling mudah untuk di pelajari sampai yang paling sulit pun sudah bisa kalian jumpai. Berikut adalah 10 contoh Bahasa pemrograman yang dapat kalian pelajari :

  • ·         Java


Yang pertama ada Bahasa pemrograman Java, bahasa pemrograman ini dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Java pertama kali dirilis pada tahun 1995 oleh Sun Microsystems yang di kembangkan oleh The Green Project yang kemudian di lepas pada Oracle. Nama java sendiri diambil dari salah satu pendiri java, yaitu James Golsing yang sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling ( kopi tubruk ) dimana kopi tersebut berasal dari pulau jawa di Indonesia.

Java merupakan salah satu bahasa yang popular karena kelebihan yang dimilikinya seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman java termasuk kedalam bahasa pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming ( OOP ) adalah suatu pendekatan yang memungkinkan suatu kode yang digunakan untuk menyusun suatu program menjadi lebih mudah untuk digunakan kembali, lebih handal, dan lebih mudah untuk di pahami.
  • C

Bahasa C adalah salah satu bahasa tertua yang pernah ada. Menurut Wikipedia, bahasa pemrogramman C pertama kali di kembangkan oleh Dennis Ritchie antara tahun 1969 dan 1973 di Laboratorium Bell, dan digunakan untuk mengimplementasikan ulang sistem operasi Unix. Bahasa C telah dibakukan oleh American National Standards Institude ( ANSI ) sejak 1989 dan kemudian oleh international Organization For Standardization ( ISO ).
Bahasa pemrogramman C sangat popular di Indonesia karena hampir sebagian perguruan tinggi atau lembaga kursus yang ada di Indonesia menggunakan bahasa pemrogramman ini untuk di pelajari untuk pertama kali sebelum belajar menggunakan bahasa yang lain. Alasannya adalah bahasa pemrogramman C merupakan “Bapak” dari bahasa pemrogramman lain seperti C#, Java, C++, dan lain sebagainya.
  • ·         C++


Bahasa pemrogramman ini merupakan pengembangan dari bahasa C . Kedua bahasa tersebut juga memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrogramman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian mesalahnya. Sebelum standarisasi pada awal tahun 1998, bahasa pemrogramman C++ di kembangkan oleh Bjarne Stroustrup di Laboratorium Bell sejak tahun 1979, sebagai ekstensi dari bahasa C karena ia menginginkan bahasa yang efesien dan fleksibel yang mirip dengan C, yang juga menyediakan fitur tingkat tinggi untuk organisasi program.
 Bahasa C++ menjadi bahsa pemrogramman yang popular karena banyak perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembangannya di hendikan. Ada beberapa alasan kenapa bahasa pemrogramman C++ ini masih popular dan sering digunakan untuk membangun sebuah platform.
1.      Bahasa C++ memiliki kapabilitas yang sangat baik sehingga programmer dapat memperoleh seluruh tenaga yang dimiliki komputer.
2.      Dapat dikembangkan di berbagai platform sehingga aplikasi yang dibangun dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda.
3.      Compiler C++ yang sangat baik sehingga dapat mempercepat proses kompilasi.
4.      C++ merupakan bahasa terstuktur yang mendukung OOP ( Object Oriented Programming ).
5.      C++ dikategorikan sebagai bahasa bahsa tingkat menengah sehingga mendekati bahasa mesin.
6.      Dengan bahasa C++ kita dapat membangun aplikasi Graphic processor menggunakan library OpenGL.
7.      Kemudahan dalam memanipulasi data seperti merubah alamat dari suatu variable menggunakan pointer.
  • ·         Python


Bahasa Python tergolong dalam bahasa pemrogrmman tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrogramman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa Python ini termasuk kedalam bahasa pemrogramman yang cukup mudah bagi pemula karena mudah untuk dibaca dengan sintaks yang mudah dipahami juga. Banyak perusahaan besar yang menggunakan Phyton dalam pengembangannya seperti Instragram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang google, yahoo dan juga nasa.
Python adalah bahasa pemrogramman interpretative multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tinggat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat  jelas dan dilengkapi dengan fungsional pustaka standar yang besar serta komprehensif. Dibuat oleh Guido Van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Didukung pula oleh komunitas yang besar.


  • PHP


PHP merupakan bahasa yang sangat popular dikalangan pengembang web khusunya di Indonesia. Dirancang oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Bahasa PHP dugunakan baik untuk menambah fungsi yang tidak dimiliki oleh HTML, maupun juga beriteraksi dengan database MySQL.
Selain karena gratis, bahasa pemrogramman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. PHP juga sering dipakai sebagai fondasi dari CMS semacam Wordpress, juga beberapa situs besar seperti facebook, Wikipedia dan Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. Versi terbaru dan stabil dari PHP saat ini adalah versi 7.2.3 yang resmi dirilis pada tanggal 1 Maret 2018.

Kesimpulan

Pemrogramman merupakan seni yang diciptakan untuk sesuatu hal yang bermanfaat. Pada saat ini terdapat banyak sekali jenis-jenis bahasa pemrogramman baik dari bahasa tingkat tinggi sampah yang paling mudah di pahami, setalah kalian membaca uraian diatas apakah kalian tertarik untuk memulai menjadi seorang programmer?

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About