Fungsi String Pada PHP



Pada artikel kali ini, Iniilmu.com akan memberikan pembahasan mengenai Fungsi String Pada PHP. String merupakan tipe data yang berisikan text, kalimat, atau kumpulan karakter. Contohnya , “aku”,’belajar di ilmu.com’, nh semua itu merupakan contoh dari string. Tipe data string mungkin adalah tipe data yang sering digunakan, dan memiliki banyak fitur yang disediakan PHP, Karakter yang digunakan saat ini adalah 256 karakter ASCII.
Penulisan sebuah string dalam php bisa menggunakan 4 ( empat ) cara, yaitu dengan :
     
    1. Single Quoted atau kutipan tunggal (‘ ’)
Penulisan string menggunakan Single Quoted atau kutipan tunggal (‘) merupakan cara penulisan string yang paling sederhana. Kita tinggal membuat sebuah kata atau kalimat yang yang di awali dengan tanda petik satu dan di akhir pula dengan tanda petik satu. Perhatikan Contoh di bawah ini :
<?php
   echo 'iniilmu.com ';
   echo 'berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat';
?>
maka hasilnya akan seperti ini :
2.  Double Quoted atau tanda pentik dua
Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Double Quoted atau tanda petik dua, walupun sekilas tidak ada perbedaanya dengan Single Qouted atau tanda kutipan tunggal, hasil yang di dapat akan sangat Nampak berbeda. Dengan menggunkan Double Qouted, php akan memproses karakter-karakter khusu seperti carriage return (\n) dan karakter tab (\t) dan juga memproses setiap variable yang di tandai dengan tanda $ di dapan kata atau variable nya. Perhatikan contoh dibawah ini :

<?php
       echo "iniilmu.com \n";
       echo "\t berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat";
?>
maka hasilnya akan seperti ini



1.      
    3.Heredoc Sintaks
Cara yang ketiga yaitu dengan fitur PHP yang disebut heredoc. Fitur ini dapat membuat tipe data string yang berisi beberapa kalimat. Namun penggunaan fitur ini sangat jarang digunakan di bandingkan dengan single quoted atau double quoted. Perhatikan contoh di bawah ini:
<?php
       $kata = <<<end
         Saya sedang belajar
         di iniilmu.com <br />
         yang membahas tentang fungsi String)
         end;
echo $kata;
?>
maka hasilnya akan seperti ini :

Fitur heredoc ditandai dengan tanda “<<<” untuk memulai sebuah string, selanjutnya diikuti dengan penanda di akhir string, pada contoh diatas kata”end” diawal dan diakhir string merupakan penanda diakhir string, kata “end” tersebut dapat kita gantu dengan kata lain asalkan kata tersebut bisa menjamin tidak akan muncul di dalam string.

4. Nowdoc
    Penulisan yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur Nowdoc yang terdapat di dalam PHP. Nowdoc sendiri hampir sama dengan heredoc, namun ada pengecualian karakter khusus dan variable tidak akan di proses php, atau mirip dengan penulisan single quoted atau tanda petik tunggal. Perhatikan contoh di bawah ini :
<?php
    $kata = <<< 'akhir'
    Saya sedang belajar
    di  iniilmu.com <br />
    yang membahas tentang fungsi String
    akhir;
    echo $kata;
?>
maka hasilkannya akan seperti ini :
Sekelias tidak ada perbedaan cara penulisan string menggunakan Nowdec dengan Heredoc, namaun perbedaanya terletak di penanda akhir string, didalam penulisan Nowdec kita menggunkan tanda petik satu untuk membuat penanda akhir string sedangkan di dalam penulisan menggunakan heredoc tidak menggunakan tanda peting untuk membuat penan akhir string.

Fungs String 

Sedikit penjelsan mengenai cara penulisan string diatas sebelum kita masuk kedalam fungsi-fungsi string pada php, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungs-fungsi string tersebut. Di dalam PHP sendiri memiliki banyak sekali fungsi string. Beberapa fungsi string pada php yang akan iniilmu jelaskan, antara lain :
     1.      Addslashes()
    Fungsi string yang pertama adalah addslashe, fungsi ini berguna untuk memberikan garis miring atau slash jika ada karakter tertentu. Perhatikan contoh di bawah ini :
<?php
        $str = "Selalu berdo'a sebelum memulai aktivitas";
        echo addslashes($str);
?>
maka hasilnya akan seperti ini :


Tanda petik satu () yang terdapat pada kata do’a akan diberikan tanda slash, itu merupakan fungsi dari addslashes.
      2.      Md5
     Fungsi string yang kedua adalah md5, fungsi dari md5 adalah menghash atau meng-enkripsi sebuah string. Md5 sering digunakan untuk menghash sebuah password. Perhatikan contoh di bawah ini :
<?php
     $kata = "iniilmu.com";
     echo md5($kata);
?>
maka hasilnya akan seperti ini :


     3.      Str_repeat()
     Fungsi yang ketiga adalah str_repeat, str_repeat biasa digunakan untuk mengulang string sebanyak  n, dimana n adalah jumlah angka yang kita masukkan,cara penulisan nya sebegai berikut “str_repeat(string $kata, int $no)”. Perhatikan contoh dibawah ini :

<?php
      echo str_repeat("iniilmu.com",4);
      echo "</br>";
      echo str_repeat("saya suka",5);
?>
maka hasilnya akan seperti ini :


     4.      Str_replace
Fungsi string selanjutnya adalah str_replace yang berfungsi untuk mengganti sebuah string dengan setring yang lain, cara penulisan nya adalah “str_replace(string yang diganti,pengganti,tujuan)”. Perhatikan contoh dibawah ini :
<?php
      $str = "belajar di iniilmu.com sulit";
      echo str_replace("sulit","mudah", $str);
?>
maka hasilnya akan seperti ini :
5.      Str_len()
Fungsi yang selanjutnya ada fungsi str_len yang berfungsi untuk menghitung panjang dari string, spasi juga akan dihitung sebagai sebuah string, penulisanny sebagai berikut “strlen($string)”.perhatikan contoh dibawah ini :
<?php
$string = "iniilmu.com";
echo strlen($string);
?>
maka hasilnya akan seperti ini :


kesimpulan

Di dalam php terdapat 4 ( empat ) cara penulisan string yaiut single quoted atau tanda petik tunggal, double quoted atau tanda petik ganda, Heredoc dan Nowdoc. Fungsi-fungsi string didalam php ada banyak, ada beberapa yang iniilmu.com jelaskan, sperti md5() yang berfungsi meng-hash sebuah password, kemudian ada srtlen yang berfungsi untuk menghitung panjang dari string termasuk spasi, dan masih banyak lagi fungsi-fungsi string pada php lainnya. Semoga bermanfaat bertemu lagi di penjelas berikutnya, salam iniilmu.com

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About