Mengenal Codeigniter




Pada pembahasan kali ini, kita ingin membahas sebuah framework yang sudah sering kita dengar, yaitu codeigniter, apa itu framework dan apa itu codeigniter, semuanya akan kita bahas pada artikel kali  ini. Pembahasan yang pertama kita adalah framework, apa sih fraremwork itu?
Framework atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai “Kerangka Kerja” merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi/ prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programmer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal. apa sih keuntungan kita menggunakan sebuah framework?, ada banyak keuntungan seorang programmer menggunakan framework, selain mempermudah dan mempercepat penkodean karena framework menyediakan fungsi-fungsi yang kita butuhkan. Keuntungan yang ke 2 adalah membuat kode kita memiliki standar, misalkan kita bekerja dalam sebuah tim, tiap-tiap orang memiliki gaya penulisan kode yang bebrbeda-beda jika ada kesalahan maka sangat sulit untuk memhami kode yang ditulis oleh orang lain, dengan adanya framework tapi dengan menggunakan framework punulisan kode akan menjadi standar framework yang digunakan sehingga penulisan antara satau dengan yang lainnya tidak jauh beberda.

Codeigniter

apa itu codeigniter?, Codeigniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source yang digunakan untuk membuat atau membangun aplikasi php dinamis. Fungsi-fungsi didalam codeigniter sangat banyak dan akan meningkatkan kecepatan kerja dari pengembangan situs web. Jika kamu sudah mengetahui PHP dengan baik, maka Codeigniter akan mempermudah tugas kamu sebagai programmer. Framework ini memiliki kumpulan perpustakan ( library ) yang sangat banyak dan sangat berguna.
Codeigniter menjadi sebuah framework PHP yang menggunakan model MVC ( Mode , View , Controller ). MVC adalah sebuah konsep arsitektur yang membagi suatu pengembangan aplikasi menjadi tiga komponen logika yaitu Model, View, dan Controller.
·         Model :
Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. Seperti mengambil data dari database, mingimput dan pengolahan database lainnya. Semua intruksi yang berhubungan dengan pengolahan database di letakkan di dalam model.
·         View :
View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. Tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkan dari controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
·         Controller
Controller merupakan kumpulan intruksi akasi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.
Dari penjelsan mengenai Model, View , dan Controller diatas dapat di simpulkan bahwa controller sebagai penghubung view dan model.

Kelebihan Codeigniter

·         Framework yang sangat ringan
Codeigniter dirancang sebagai kerangka kerja PHP yang ringan. Tidak seperti seperti framework PHP lainnya, hal ini membuat codeigniter lebih cepat dari pada kerangka kerja web yang banyak digunakan untuk PHP.
·         Opsi Konfigurasi yang mudah
Baik pemula dan programmer PHP berpengalaman dapat menggunakan codeigniter tanpa perlu waktu dan tenaga ekstra. Dokumentasi yang jelas dan dukungan komunitas yang kuat lebih memudahkan programmer PHP untuk menggunakan codeigniter untuk pengembangan berbagai aplikasi web.
·         Menawarkan Konsep MVC
Tidak seperti framework PHP lainnya, codeigniter tidak memkasa programmer PHP untuk mengimplementasikan pola model-view-controller ( MVC ). Tapi konsep seperti itu masih disuport oleh pengembang codeigniter untuk mempercepat pengembangan aplikasi web besar dan kompleks.
·         Mendukung Cache Web Page dan Database
Codeigniter juga membantu pemrogram untuk mempercepat aplikasi web dengan menerapkan caching halaman dan database. Fitur ini mengurangi beban server dengan melakukan cache halaman web dalam memori. Pengembang web bahkan memiliki opsi untuk mengkatifkan cache per-halaman dan mengatur durasi untuk cache. Pada saat yang sama, para pemprogram dapat mengurangi beban basis data dengan menyimpan query basis data dengan file teks sederhana memalalui Kelas Cache Database.
·         Dilengkapi dengan fitur keamanan
Codeigniter memudahkan programmer untuk menulis aplikasi PHP yang aman dengan menyediakan sejumlah fitur. Fitur-fitur yang disediakan oleh codeigniter membantu pemrogram untuk melindungi aplikasi web dari ancaman keamanan umum seperti injeksi SQL, serangan XSS ( Cross Site Scripting ), dan eksekusi kode jarak jauh. Programmer dapat lebih lanjut mencegah ancaman kemanan dengan hanya memanggil kembali fungsi-fungsi tertentu.

Alur Kerja Codeigniter





·     Index.php : index.php disini berfungsi sebagai file pertama dalam program yang akan dibaca oelh program.
·     The Router : Router akan memeriksa HTTP request untuk menentukan hal apa yang harus dilakukan oleh program.
·   Cache File : Apabila dalam program sudah terdapat “file cache” maka file tersebut akan langsung dikirim ke browser. File cache inilah yang dapat membuat sebuah website menjadi lebih cepat. Cache file dapat melewati proses yang sebenarnya harus dilakukan oleh program codeigniter.
·     Security : sebelum file controller di load keseluruhan, HTTP request dan data yang di submit oleh user akan disaring terlebih dahulu melalui dasilitas security yang dimiliki oleh codeigniter
·      Controller : controller akan membuka file model, core libraries, helper dan semua resources yang dibutuhkan dalam program tersebut.
·   View : hal yang terakhir akan dilakukan adalah membaca semua program yang ada dalam view file dan mengirimkannya ke browser supaya dapat dilihat. Apabila file view sudag ada yang di “cache” maka file view baru yang belum ter-ceche akan mengupdate file view yang sudah ada.

Kesimpulan

Codeigniter merupakan framework yang menggunakan konsep MVC ( Model , View, Controller ), yang dapat memduahkan seorang pemula atau programmer handal untuk mengembangkan aplikasi webnya dengan mudah dan lebih menghemat waktu.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About