Database MySQL


Selamat datang sobat di iniilmu.com, kali ini iniilmu.com akan menjelaskan mengenai database, database itu apa ? dan apa fungsi dari database?. semua pertanyaan tadi akan terjawab saat kalian membaca penjelesan-penjelesan berikut ini.

sebelum kita membahas mengenai database ada baik nya kita mengetahui apa sih data itu dan apa itu informasi ?, data merupakan nilai ( value ) yang terurut mempresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian ( event ). Informasi merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata ( fact ) yang digunakan untuk mengambil sebuah keputusan. perbedaan data dan informasi adalah data lebih bersifat historis, sedangkan informasi mempunyai tingkatan yang lebih tinggi, lebih dinamis, serta mempunyai nilai yanag sangat penting.

apa itu database ?, database atau sering disebut basis data adalah suatu kumpulan data yang terhubung dan disimpan secara bersama-sama pada suatu media, yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau stuktur tertentu, dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Basisdata atau database memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

  1. salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
  2. menentukan kualitas informasi: akurat, tepat waktu dan relevan.
  3. mengurangi duplikasi data ( data redundancy )
  4. hubungan data dapat di tingkatkan
  5. manipulasi terhadap data dengan cepat dan mudah
  6. efesiensi penggunaan ruang penyimpanan
database biasanya diterapkan pada Sistem Informasi, sebuah sistem informasi tidak bisa dibangun tanpa adanya basis data. Sistem Informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisai yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknoogi, media, prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.


database memiliki beberapa kreteria, diantaranya sebagai berikut :

  1. Bersifat data oriented dan buka program oriented.
  2. dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa mengubah basis datanya.
  3. dapat berkembang dengan mudah, baik volume maupun strukturnya,
  4. dapat digunakan dengan cara berbeda-beda
  5. kerangkapan data minimal


Proses memasukkan data dan mengambil data ke dan dari database memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data atau database management system yang disingkat DBMS. DBMS merupakan perangkat lunak yang didesain untuk melakukan penyimpanan dan pengaturan basis data. DBMS juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data secara bersama, pemaksaan keakuratan data dan lain sebagainya.

beberapa perangkat lunak DBMS yang sering digunakan antara lain Microsoft Acces, Oracle , Sybase, Informix, Mysql dan lain sebgainya. disini kita hanya akan membahas mengenai database Mysql.

MySQLmerupakan database yang paling populer dan banyak pengembang yang menggunakannya untuk aplikasi berbasis web seperti website dinamis dan e-commerce. MySQL di kembangkan pada pertengahan tahun 1995 dan di sponsori oleh perusahaan Swedia, MySQL AB, MySQL adalah salah satu database pertama yang bersifat open source. Penggunaan MySQL sebagai basis data utama untuk aplikasi web yang sering dikombinasikan dengan bahasa pemrograman php sebagai bahasa skrip berorientasi objek.

Fitur-fitu dalam database MySQL antara lain :

  1. Relational Database System. sama hal nya dengan perangkat lunak database yang lain, MySQL juga termasuk ke dalam RDBMS.
  2. Arsitektur Client-Server. MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada di komputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer lain berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahakan internet.
  3. Mengenal Perintah SQL standart. SQL ( Structured Query Language ) merupakan suatu bahasa standar yang berlakuk di hampir semua software database.
  4. Mendukung sub Select






You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About