Teknologi Nirkabel


     Teknologi Informasi pada saat ini berkembang sering dengan revolusi teknologi informasi. Hal ini terlihat dalam perkembangan teknologi dibidang telekomunikasi yang berkembang pesat dan layanan komunikasi bergerak di dunia ( Mobile Evolutions ). Perkembangan teknologi telekomunikasi di dunia terjadi dengan sangat pesar dikarenakan kebutuhan untuk berkomunikasi dan bertukar data dengan cepat, mudah dan mobile. Salah satu teknologi komunikasi yang sedang banyak di implementasikan, khusunya di Indonesia adalah teknologi nirkabel.

Teknologi Nirkabel

    Teknologi nirkabel ( wireless ) jika diartikan secara harfiah adalah teknologi yang menggunakan media udara ( gelombang radio ) sebagai jalur lalu lintas data sebagai pengganti kabel. Sistem komunikasi teknologi nirkabel menggunakan frekuensi / spectrum radio, yang memungkinkan transmisi ( pengiriman/penerimaan) informasi ( suara, data, gambar, video ) tanpa koneksi fisik. Teknologi Nirkabel dibatasi oleh ketersediaan spectrum ( pita frekuensi ), karena adanya interferensi ( saling menggangu ) jika digunakan bersama. 

Cara Kerja

     Cara kerja berdasarkan modulasi yang umum digunakan dalam teknologi nirkabel terdapt 3 teknik komunikasi yaitu : 

Frequency Division Multiple Access ( FDMA )

    FDMA merupakan teknologi nirkabel/wireless yang pertama di implementasikan dan digunakan oleh publik. FDMA menggunakan transmisi analog dimana kanal tiap pengguna dibedakan berdasarkan frekuensi ( satu pengguna di satu frekuensi, mirip dengan prinsip stasiun radio ).

Time Devision Multiple Access ( TDMA )

     TDMA merupakan teknologi nirkabel/wireless yang dikomersialkan tahun 1993, menggunakan transmisi digital dimana penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Suara yang masuk kedalam saluran/kanal dikompresi ke dalam format digital dan mempunyai ukuran yang kecil. Secara kapastas TDMA mempunyai daya tampung menerima panggilan yang lebih luas dibanding model analog pada FDMA.

Code Division Multiple Access ( CDMA )

    CDMA merupakan teknologi nirkabel/wireless dimana pengiriman data ( voice ) yang masuk kedalam saluran/kanal dan akan dipecah-pecah menjadi potongan yang kecil-kecil dan masuk kedalam saluran frekuensi yang terpisah-pisah, kemudia paket data yang kecil-keci tersebut akan diseberkan pada penerima yang mempunyai kesesuaian data yang akan diambil.



You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

About